Sukses

7 Cara Dapat Modal Usaha Tanpa Pinjam Bank

Ingin buka usaha sendiri tapi ragu untuk meminjam bank? Coba cara berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Dewasa ini tingginya minat masyarakat untuk mulai membangun usaha semakin meningkat. Tentu tidak lepas dari perkembangan teknologi yang menyebabkan semakin cepatnya perputaran informasi, sehingga memudahkan dalam mendapatkan data serta berbagai hal penting mengenai jenis usaha yang akan ditekuni.

Cepatnya arus informasi tersebut juga memudahkan calon pengusaha dalam mencari informasi bagaimana untuk kiat sebelum melangkah ke dalam sebuah bisnis. Namun, selalu ada satu kendala yang mungkin banyak dihadapi oleh calon pengusaha baru, yaitu perihal modal. Modal tersebut menjadi hal yang sangat penting ketika akan menjalankan sebuah usaha.

Umumnya apabila berbicara tentang modal, banyak yang langsung berpikiran mengenai pinjaman yang disediakan oleh bank. Tapi karena terlanjur menilai bahwa prosedur peminjaman ke bank harus melal banyak prosedur yang cukup merepotkan, maka hal tersebut justru menghambat proses pembangunan sebuah bisnis baru yang sudah ada di angan-angan.

Padahal ada cara dapat modal usaha tanpa pinjam bank. Tapi, bagaimana cara dapat modal usaha tanpa pinjam bank yang dimaksud? Di bawah ini Liputan6.com telah merangkum mengenai bagaimana cara dapat modal usaha tanpa pinjam bank tersebut dari berbagai sumber, Senin (31/8/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Gunakan Tabungan yang Dimiliki

Cara dapat modal usaha tanpa pinjam bank yang pertama sebenarnya cara yang paling mudah untuk dilakukan. Selain itu, menggunakan cara ini juga memperkecil risiko yang akan ditanggung apabila usaha yang dijalankan mengalami masalah di depan nanti.

Memang untuk menggunakan cara ini dibutuhkan kesabaran yang cukup besar. Namun bukan tidak mungkin akan tercapai, terutama jika sudah bekerja dan mendapatkan pemasukan tambahan untuk mengumpulkan modal usaha.

Sebelum mulai mengumpulkan modal usaha dengan cara menabung, ada baiknya untuk menyiapkan rekening khusus yang digunakan menabung uang modal usaha tersebut. Hal ini untuk mencegah Anda tergiur menggunakan uang modal usaha dan justru mengurangi jumlah uang modal yang sudah dikumpulkan.

3 dari 8 halaman

2. Jual Aset Pribadi

Apabila cara dapat modal usaha tanpa pinjam bank sebelumnya dirasa terlalu lama untuk terealisasi, maka cara dapat modal usaha tanpa pinjam bank yaitu dengan menjual aset pribadi yang dimiliki. Aset yang dimaksud bisa berupa motor, mobil, rumah, gadget yang tidak terpakai, barang elektronik, tabungan emas, dan lain sebagainya.

Tapi memang, cara ini perlu kerelaan hati dan keyakinan bahwa aset yang dijual tidak akan berakhir sia-sia tanpa usaha yang tidak menuai hasil maksimal. Setidaknya hal ini bisa memacu untuk selalu fokus dan konsisten dalam menjalankan usaha.

4 dari 8 halaman

3. Gadaikan Aset Pribadi

Mungkin masih banyak dari Anda yang belum rela untuk melepas aset pribadi untuk dijual dan dijadikan modal usaha. Tak apa, mungkin Anda bisa mencoba cara dapat modal usaha tanpa pinjam bank dengan menggadaikan aset pribadi.

Sebenarnya beberapa keuntung menggunakan cara dapat modal usaha tanpa pinjam bank ini cukup banyak. Beberapa di antaranya yaitu:

- Pencairan modal usaha cukup cepat.

- Bunga yang dibayarkan lebih kecil dari bunga bank.

- Jika sudah memiliki dana, maka Anda bisa menebus aset yang digadaikan.

- Anda juga tidak perlu khawatir barang akan dilelang apabila tidak belum bisa menebus barang yang digadaikan. Anda cukup membayar biaya pemeliharaan yang cukup murah.

- Prosedur tidak rumit.

5 dari 8 halaman

4. Patungan Bersama

Jika berbagai cara dapat modal usaha tanpa pinjam bank sebelumnya masih saja cukup berat untuk dilakukan, maka Anda bisa menggunakan sistem patungan bersama. Tapi jika ingin membuka usaha dengan cara patungan bersama, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar tidak menimbulkan berbagai masalah di depan nanti, yaitu:

- Usahakan patungan ini dijalankan maksimal dua orang. Hal ini untuk menghindari terlalu rumitnya proses komunikasi dan pembagian keuntungan.

- Usahakan partner usaha merupakan orang yang memiliki visi yang sama dan memang berkompeten serta professional dalam menjalankan usaha.

- Akan lebih aman apabila membuat perjanjian kerjasama di atas kertas agar tidak terjadi hal yang mungkin tidak diinginkan dan bisa saja terbawa hingga ke ranah hukum.

6 dari 8 halaman

5. Investor

Sedangkan cara dapat modal usaha tanpa pinjam bank ini juga cukup efektif untuk dilakukan. Namun diperlukan konsep usaha yang jelas. Selain itu, keseriusan dalam membangun sebuah usaha juga menjadi penilaian investor. Semakin baik konsep serta detail dari usaha yang akan dibangung, maka bisa semakin besar pula nominal yang akan diberikan oleh investor.

Memang, untuk mendapatkan investor susah-susah gampang. Tapi Anda bisa mulai dari membangun relasi terlebih dahulu. Lalu coba lebih sering mengikuti seminar yang mungkin banyak didatangi investor.

Apabila Anda sudah mendapatkan target yang akan dijadikan investor, maka jangan lupa untuk membuat proposal dengan menjelaskan gambaran pasar untuk usaha yang akan Anda bangun.

Selain itu, berbagai hal mengenai manajemen tim dalam usaha tersebut juga penting untuk menarik minat investor. Serta, berbagai hal yang menyangkut risiko dalam bisnis yang akan dibangun juga penting untuk disampaikan.

Yang terakhir, jangan lupa menjelaskan mengenai bagaimana pembagian keuntungan dan berbagai hal lainnya yang menyangkut kerjasama bersama investor.

7 dari 8 halaman

6. Hibah Pemerintah, Perusahaan, atau Kampus

Sebenarnya cara dapat modal usaha tanpa pinjam bank ini sudah cukup banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Sebab, minat penduduk Indonesia untuk membuka usaha sendiri cukup tinggi.

Berbagai jenis dana hibah yang diberikan tersebut bisa digunakan bagi Anda yang sudah menjalankan usaha maupun yang baru akan menjalankan usaha, tentunya dalam skala usaha yang masih kecil.

8 dari 8 halaman

7. Ikuti Lomba Bisnis dan Sejenisnya

Lalu cara dapat modal usaha tanpa pinjam bank bisa memanfaatkan berbagai kompetisi bisnis. Tapi, agar dapat mengikuti lomba bisnis tersebut, Anda wajib membuat sebuah proposal bisnis yang sangat detail dan proposal tersebut akan dipresentasikan.

Apabila Anda terpilih dan sukses menjuarai lomba tersebut, biasanya akan ada hadiah utama berupa modal usaha gratis, lalu ada pendampingan dari mentor handal hingga bisns Anda benar-benar terwujud.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini